Minggu, 03 Maret 2013

Firasat Telinga Berdenging

Pernahkah kita mengalami telingan berdenging atau berdengung secara tiba-tiba?, jawabannya pasti pernah mengalaminya, namun sebelum kita berbicara mengenai firasat dibalik telinga yang berdenging, mungkin perlu disajikan fakta ilmiahnya mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Menurut dr Hanggoro Sapto SpTHT, dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan, RS Urip Sumoharjodr, Bandar Lampung, menjelaskan bahwa penyebab telinga berdengung ada tiga hal.
Pertama dari telinga bagian luar yaitu adanya kotoran telinga yang menyumbat, tidak bersih atau adanya peradangan. Sehingga gelombang suara tidak bisa masuk dengan baik. Penanganannya yaitu cara membersihkan kotoran tersebut.
Kedua, dari telinga bagian tengah yaitu gendang telinga meradang sampai berlubang / bocor. Faktor penyebabnya karena sering flu, bersin-bersin dan hidung tersumbat.
Penanganannya yaitu radang disembuhkan, gendang telinga yang bocor ditutup kembali, dan jika flu atau sering bersin-bersin, maka flu tersebut harus disembuhkan.
Ketiga dari telinga bagian dalam yaitu adanya kelelahan pada sensor dan syaraf telinga. Penyebabnya yaitu sering terpapar suara bising mesin, sering memakai headset dalam waktu lama, atau menelepon menggunakan handphone. Sehingga telinga menjadi berdenging.
Faktor lain yaitu adanya penyakit lain seperti kencing manis. Intinya untuk mengetahui penyebab dari telinga berdenging, sebaiknya periksakan diri ke dokter THT. Atau bisa melakukan test audiometri atau tes pendengaran untuk mengetahui, apakah telinga kita dalam kondisi baik atau tidak.(*)

Sekarang kita sampaikan firasat-firasatnya jika telinga kita berdenging pada waktu tertentu 

PADA JAM
TELINGA KIRI (SIANG)
TELINGA KANAN (MALAM)
6 - 7
Kedatangan tamu
Mendapat kesukaran
7 - 8
Akan mengadakan perjalanan jauh
Dibicarakan orang
8 - 9
Akan kedatangan Saudara/famili
Mengadakan perjalanan
9 -10
Akan mendapatkan keuntungan tak terduga
Mendapat musibah
10 - 11
Mendapat keselamatan
Berselisih dengan keluarga
11 - 12
Kedatangan orang tua
Mendapat kabar gembira
12- 1
Menderita sakit
Kedatangan saudara
1 - 2
Mendapat kabar buruk
Undangan pesta
2 - 3
Kedatangan tamu/famili
Luput dari kecelakaan
3 - 4
Akan berpergian
Kedatangan kekasih
4 - 5
Kedatangan teman lama
Akan mengadakan
perjalanan jauh
5 - 6


Mendapatkan rejeki halal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar